Rabu, 10 April 2013

Teater Prabu



Sanggar Teater Prabu merupakan wahana berkarya para pelaku seni kota Bogor yang tergabung dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, bahkan ada juga yang sudah bekerja. Sebelum terbentuk nama Prabu, sanggar yang terlahir dan hidup di ruang tradisi ini telah mengalami metamorfosis dari tahun 2001 yang semula bernama Korejat. Pada tahun 2003 Korejat berganti nama menjadi Lakon Group dan terus mengembangkan sayap kekaryaannya hingga berhasil meraih medali emas Porsenida tingkat SLTA se-Jawa Barat di bidang mendongeng. Memasuki tahun 2005 kembali berganti nama menjadi KSR (Komunitas Seni Remaja). Berarmadakan siswa-siswi SMA, KSR lahir sebagai ekstrakurikuler yang banyak mementaskan pertunjukan-pertunjukan seni di dalam maupun luar sekolah. Drama Kabaret berjudul “Petualangan Cinta” menjadi karya yang laris dipentaskan.  

Seiring perjalanannya KSR terus mengalami perkembangan pesat dan berganti nama menjadi Teater Tumaritis (TETRIS) pada tahun 2007. Prestasi demi prestasi terus ditorehkan oleh komunitas seni yang berdomisili di Bogor selatan ini. Prestasi gemilang yang berhasil diraih diantaranya: Juara 1 lomba fragmen tingkat SMA se-Kota Bogor dan maju ke tinggkat Provinsi mewakili Kota Bogor; Juara 2 lomba dongeng tingkat SMA se-Kota Bogor; Juara 3 festival teater IPB tingkat SMA se-Kota Bogor; Juara 1 Lomba Kabaret yang diselenggarakan IPB tingkat SMA se-Kota Bogor. Selain berkontribusi besar dalam ranah prestasi, banyak pula naskah teater dan kabaret yang telah digarap dan dipentaskan seperti naskah Kisah Cinta dan Lain-Lain karya Arifin C. Noer, naskah Sendal Capit, naskah Juragan Hajat, hingga akhirnya setelah 4 tahun berkarya dengan almamater Tumaritis, komunitas yang pernah terlibat dalam penggarapan ulang tahun Bogor ini akhirnya pada tahun 2011 membentuk sebuah  Sanggar Independen yang tidak lagi terbatas pada periode dan usia. Sanggar itu bernama Sanggar Teater Prabu.

Ternyata nama “Prabu” membawakan Revolusi besar dalam perkembangan karya-karya seni kami. Pementasan perdana kami adalah naskah drama berjudul “Kabayan di Negeri Romeo” karya Rosyid E. Abby dalam acara Gebyar Drama pendidikan yang diselenggarakan di FKIP Universitas Pakuan. Serangkaian pertunjukan di acara-acara akbar Kota Bogor menjadi ruang eksistensi kami di Masyarakat, hingga pada tahun 2012 kami dipercaya untuk mewakili Kota Bogor dalam ajang Festival Teater se-Jawa Barat yang diselenggarakan Universitas Padjajaran dan berhasil membawa pulang Tropi Gubernur dengan meraih Juara 1. Di Bawah pimpinan Dede Muchlis, S.E. yang akrab disapa “Kakang Prabu”, Sanggar Teater Prabu berusaha untuk terus berkreasi, berkarya dan bekerja penuh dedikasi demi menjaga tradisi.
 

Alamat Sanggar: Amplitheater Rancamaya : Rancamaya Rt 02/07 Kel. Rancamaya Kec. Bogor Selatan - Kota Bogor.
Contact Person: 08999573177
Facebook: Teater Prabu

1 komentar: